Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 28 Juni 2016

SECUIL ASA UNTUK PELOSOK NEGERI


Harapan pendidikan saat ini sangatlah penting demi membawa tunas-tunas bangsa ke masa di mana mereka mampu mandiri dan kreatif dalam mengelola dan menata negara dan dunia pada umumnya. Berangkat dari harapan itu, sebuah program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang mencoba meraih harapan itu, sedikit demi sedikit pasti akan menjadi banyak, itulah sebuah pepatah klasik yang paling sering kita dengar dengan makna yang luar biasa jika di terapkan dalam dunia pendidikan.
Pendidikan sangatlah membutuhkan seseorang yang memiliki prinsip dan memegang teguh pepatah tersebut dan yakin bahwa sebuah pengabdian terhadap pendidikan sangatlah besar manfaatnya untuk meraih harapan pendidikan dan tujuan pendidikan nasional yang sesungguhnya.
Tantangan kita hari ini sangatlah hebat. Salah satunya adalah sosial media yang seharusnya membantu kita untuk mempermudah setiap aktivitas, kini menjadi sarana untuk merusak akhlak dan moral setiap peserta didik khususnya yang masih duduk di bangku sekolah.
Olehnya itu, para pelaku pendidikan khususnya mereka yang duduk di singgasana pendidikan tingkat pusat maupun daerah mencoba menjawab semua tantangan tersebut dengan menghadirkan sebuah program yakni Sarjana Mendidik di daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM-3T) di bawah payung program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia.
Program ini telah memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan. Usianya yang kini menjelang tahun keenam telah menorehkan banyak perubahan di wilayah paradigma, karakter bahkan sampai kepada perbaikan mental anak didik bahkan masyarakat di daerah terpencil. Salah satu contohnya adalah masyarakat yang dulu menganggap bahwa sekolah hanya sebatas datang, duduk di bangku sekolah kemudian selesai begitu saja yang pada akhirnya ketika terjun di dunia kerja sulit mendapat pekerjaan. Kini telah berubah dengan adanya pemuda-pemuda dari daerah terpencil yang dapat sekolah hingga perguruan tinggi bahkan sampai keluar negeri.
Seratus tahun kemerdekaan Indonesia tinggal menunggu saatnya tiba, persiapan demi persiapan selalu direalisasikan. Maka dari itu program ini adalah solusi terbaik untuk menjawab setiap tantangan yang ada di negeri ini baik di daerah perkotaan maupun di daerah terpencil.
Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia.
Berjuang atau pulang saja.

Berau, 25 Juni 2016

SYAMSUL ADIL, S.Pd
Guru SM-3T angk.V Kab. Berau


0 komentar:

Posting Komentar